Sunday, July 1, 2007

Sholat Jum'at di masjid Hampshire Mosque




Amherst, Massachussetts, USA --- Jum'at 29 Juni 2007 saya sholat jum'at di Masjid Hampshire Mosque di Amherst. Kami jalan kaki dari asrama tempat kami tinggal. Jaraknya cukup jauh, kira-kira 2 kilometer. Saya berjalan kaki karena disini ga ada ojeg atau angkot. Transportasi publik yang ada di AS itu adalah Bis dan Kereta api, tapi itu untuk jarak jauh. Untuk jarak dekat biasanya pake mobil sendiri dan rata-rata keluarga Amerika punya mobil pribadi.


Mesjid hampshire terletak dilantai 2 (lantai teratas) dibangunan yang ada disitu. Tempat ini masih menyewa. Mesjid ini adalah salah satu ruangan untuk toko yang disewakan. Masuk kedalam masjid terasa tenang, ingat dimesjid cihingkik belakang rumah saya. Mesjid ini kecil ukurannya sekitar 5 x 10 meter. Sholat jum'at diselenggarakan jam 13.15 dan saya sudah sampai jam 12.45 waktu setempat. Didalam sudah bayank orang. Saya langsung sholat tahiyatul masjid 2 rokaat dan menunggu waktu khutbah. Kemudian beberapa orang masuk, termasuk jama'ah akhwat dan juga temen2 lain baru dateng.


Kemudian khotib maju dan mengucapkan salam. Muadzin adzan dengan irama seperti adzannya Bilal di film Ar-Risalah, pendek-pendek dan tanpa irama. Khotib khutbah dengan bahasa Inggris, tentang do'a. Khotib dan muadzin wajahnya seperti orang arab. Selesai khutbah kita melaksanakan sholat. Ini adalah sholat jum'at saya yang kedua kalinya. Imam solat hari ini bukanlah pemuda yang tadi khutbah, tetapi pemuda arab lain yang pekann lalu juga jadi imam dan khotib. dia pemuda dari Mesir, saya rasa dia orang ikhwan, karena pekan lalu dia berceramah tentang Persaudaraan dalam Islam, dan hari ini setelah selesai sholat dia mengumumkan dan mengajak jama'ah untuk hadir dalam halaqoh yang biasa diadakan setiap jum'at malam.


Yang menarik dalam sholat jama'ah disini, saat tahiyat akhir posisi kakinya tidak disilang seperti kita disini, tetapi posisi seperti tahiyat awal. Yang menarik lainnya adalah selesai sholat kita menikmati hidangan berupa makanan ringan seperti kue-kue basah dan kering dan buah-buahan. Dipojok masjid ada dispenser dan gelas plastik yang sekali pakai. Kita makan sambil ngobrol. mereka sangat senang bertemu dengan kita sesama muslim. Dan kami bertemu dengan orang Indonesia yang sudah lama tinggal disini. Ada kang Bara (lulusan S1 matematika ITB, S2 Itali, dan sekarang ambil S3 di Universitas Massachusetts (UMASS). dia orang bandung. dia sholat jum'at dengan istrinya dan anak2nya, bara kerja sambilan sebagai asisten dosen), kang Hadi (orang bandung juga, S1 matematik ITB, S2 Belanda, S3 UMASS dan sekarang jadi dosen di UMASS), kang Utama (orang garut, dia lagi S2 di UMASS dan sambil kerja), mas Ahkmam (dosen IAIN Semarang, yang sedang mengikuti pelatihan selama 42 hari, seperti kita diundang oleh pemerintah AS), kita juga berkenalan dengan orang nigeria, Ibrahim Mondzhu, orangnya hitam kurus tinggi, ramah, dia cerita populasi muslim di negeria jumlahnya 99%, dia juga menjelaskan bahwa mondzhu diambil dari kata-kata manzha ... dari kalimat manzhalladzi yasfa'u indahu illa bi-idznih....potongan ayat kursi. Dengan penjelasan ini kita bisa menilai betapa bagus ternayata kualitas keislaman pemuda nigeria ini.


Kemudian kita berfoto bersama didalam dan diluar masjid. Alhamdulillah bertambah lagi pengalaman baru kita bersama saudara-saudara muslim kita dari berbagai ras, warna, kulit, bahasa, etnik, dan negara yang berbeda. Disatukan dalam ketundukkan pada Tuhan yang sama Allah Subhanahu wata'ala. Tersedak tenggorokanku, hampir ga bisa mengeluarkan kata-kata, karena haru dengan kebahagiaan ini. (HNP)

4 comments:

  1. Wah... asyik juga ya sempat sholat di sana. Bisa ketemu dengan banyak saudara2 kita sesama muslim pula. Jadi pengen. Siapa ya yg bs ngajak aku jalan2 ke LN.. Hmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan nanti ada yang ngajak kamu ke Amrik. Amiin

      Delete
  2. assalamualaikum hendro

    saya nggak sengaja menemukan link k blog kamu d kompas.com

    kita dulu pernah bertetangga d bandung, di cintawangi.
    pakabar anak istri? pakabar Adi (adik ipar km yg AR 90(??)

    sya bisa di email di ernie_301001@yahoo.com

    salam,
    er

    ReplyDelete
  3. Halo erni ya saya ingat. Alhamdulillah semua sehat. Erni apakabarnya? Masih ngajar? Hp saya 085864412868

    ReplyDelete